Apa itu SEO? Cara Kerja, Dasar Optimasi, Praktek ,Teknis, Link, Hasil

apa itu seo? cara kerja, dasar optimasi, praktek, teknis, link, hasil
#SEO

SEO(search engine optimize) adalah proses meningkatkan peringkat secara organik pada halaman hasil mesin pencari atau upaya meng-optimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil mesin pencarian misal Google atau Bing. Dengan mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian, potensi traffic organik Anda pun meningkat. 

Selain menghasilkan traffic organik yang tinggi, SEO juga akan membantu anda mendapatkan traffic yang tepat. Jadi anda tidak hanya fokus pada traffic tinggi, tetapi juga traffic yang tepat sesuai dengan tujuan utama website anda. untuk bisa mendapatkan traffic tinggi tepat sasaran, anda perlu mengikuti aturan aturan yang telah ditetapkan oleh mesin pencari. Dan memiliki atau menerapkannya pada artikel  anda.

ISI ARTIKEL


BAGAIMANA SEARCH ENGINE BEKERJA

Terdapat tiga fungsi utama yang dilakukan Mesin pencari:

Indexing: Setiap halaman harus didaftarkan atau diindex pada Google Search Console  dan mesin pencari memproses dan menyimpan indeks- database halaman web yang dapat muncul pada hasil pencarian. Setelah halaman web Anda diindeks, halaman tersebut dapat ditampilkan di halaman hasil mesin pencari. Dan  ketika pengguna mencari informasi tentang hal yang berkaitan mesin pencari menjawab itu dan dapat ditampilkan di halaman hasil mesin pencari.

Crawling: Google search atau mesin mencari menggunakan Engine Spider atau Web Crawlers untuk menjelajahi seluruh web untuk konten. Mirip dengan bagaimana laba-laba merayapi jaringnya untuk mencari serangga atau sisa makanan yang terperangkap.  Engine Spider adalah skript atau robot, yang menemukan konten baru, diperbarui, dan hilang.

Ranking- Google search memberi peringkat pada situs web yang didaftarkan. Hal ini didasarkan query penelusuran dan relevansi dari hasil terbaik setiap penelusuran. Search engine result page(SERP) mencantumkan situs web dalam urutan relevansi dengan Queri. Saat Anda mencari mobil listrik di google, google menelusuri indeksnya untuk halaman web yang menargetkan kata kunci mobil listrik, kemudian mengatur halaman web ini dalam urutan relevansi, berharap bahwa hasil pertama memberikan semua yang perlu Anda ketahui tentang mobil listrik. 

DASAR OPTIMASI MESIN PENCARI

Strategi SEO yang baik dimulai dengan penelitian kata kunci yang tepat, kemudian Anda mulai membuat konten berharga yang memenuhi maksud pencarian pengguna dengan memberikan jawaban atas pertanyaan mereka. Tapi optimasi mesin pencari berjalan lebih jauh dan lebih dalam. 

Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk menentukan konten mana yang layak menempati ranking teratas hasil pencarian. Ini berlaku untuk semua mesin pencari seperti Google, Bing, yahoo atau DuckDuckGo.  dalam hal ini membahas Google yang menguasai 90 % pasar mesin pencarian online yang selalu memperbarui algoritmanya untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dan solutif untuk penggunanya.

Beberapa dasar SEO terpenting yang harus diketahui setiap pemula.

1.Kata Kunci

Kata kunci adalah kata dan frasa yang umum digunakan dalam Queri penelusuran.Penelitian kata kunci melibatkan pencarian frasa pencarian yang relevan dengan konten web Anda.  Pertama, Anda harus memahami audiens target Anda dan bagaimana mereka mencari produk atau layanan yang berhubungan dengan Anda. Ide kata kunci yang dapat dituliskan berupa:

- Tuliskan Apa Yang Dicari 
Kata kunci pencarian apa yang dituliskan oleh pesaing Anda? Berapa banyak orang yang mencarinya? Bagaimana mereka ingin menjawab- dalam  tulisan, gambar, video, atau konten teks? Menjawab pertanyaan ini adalah langkah pertama dalam penelitian kata kunci.

- Gunakan Alat kata kunci
Anda dapat melanjutkan penelitian Anda menggunakan alat kata kunci. Alat kata kunci adalah situs web dan program yang membantu Anda menemukan kata kunci (long-tail and short-tail keywords to target). Alat-alat ini juga membantu Anda melihat siapa yang mencari kata kunci Anda dan seberapa sering orang mencari selama sebulan.

-Mengerti Kata Kunci Long-Tail Keywords To Target
Kata kunci Long-Tail Keywords adalah frasa pencarian yang sering berisi hingga empat kata. Menggunakan kata ini membantu Anda menargetkan pencari yang maksud pencariannya cocok, lebih spesifik dan disengaja dengan konten halaman web Anda. 

Temukan maksud pencarian di balik kata kunci, ada kategori utama maksud pencarian:
1.Mencari informasi 
Pengguna menginginkan/mencari informasi seperti usia, selebritas, jumlah negara di Asia, soal ujian ataupun berita terbaru yang sedang terjadi dan lain-lain
2. Niat Navigasi
Pengguna ingin membuka halaman web tertentu, dan mencoba navigasi web nya  seperti beranda adsterra untuk menghasilkan dolar dari traffic social media. Adsterra merupakan perusahaan periklanan sama seperti Adsense(rp). Adsterra yang menawarkan harga tinggi 
($ dollar) dari setiap iklan yang dipasang pada traffic social media anda, yang menjangkau banyak kota dan negara, dukungan multi bahasa, didukung langsung chat dengan adminnya dan 10 milyar iklan tayang setiap bulannya.
Hal Adsterra :

3.Permintaan Transaksional dan Komersial
Pengguna ingin membeli sesuatu atau menggunakan layanan E-comerce atau membeli layana domain, hosting, web dan menjadi publisher affiliate marketing dan menghasilkan Uang tambahan atau Penghasilan utama. Beberpa E-comerce ataupun penyedia Hosting domain yang bisa menambahkan uang saku dan membuka program Affiliate seperti BukaLapak, Involve Asia, NiagaHoster atau Envato Impact


 2.Praktek SEO ( On-page SEO or on-site SEO)

On-page SEO atau on-site SEO adalah praktik mengoptimalkan halaman web Anda untuk memenuhi maksud pencarian dan peringkat di halaman hasil pencarian. 

On-page SEO melibatkan:
-Membuat konten berkualitas tinggi, bernilai, dan unik
-Mengoptimalkan judul, judul, dan sub judul Anda dengan memasukkan kata kunci Long-Tail Keywords
-Menempatkan judul dan subjudul halaman Anda di tag header (Meta Tags)
-Menggunakan beragam kata kunci dan mendapatkan kepadatan kata kunci yang direkomendasikan
-Mengoptimalkan gambar dengan menambahkan teks alternatif dan mengompresi ukurannya ke lebih rendah agar web fast open.
-Menambahkan link internal dan link eksternal yang mengarahkan pengunjung ke konten yang lebih detail dan berharga.
-Menggunakan URL yang pendek dan mudah
misal: https://www.namawebsiteanda.com/judul konten 
-Menggunakan SSL/TLS untuk keamanan web atau pengunjung dan halaman terenkripsi diawali dengan HTTPS.

On-site SEO melibatkan:
- Menggunakan Backlink atau inbound link yang menjadi indikator bahwa konten web anda menjadi rujukan dari website lain.
- Menggunakan social media lain untuk wadah share/berbagi dari Web anda, Facebook, Twitter, Instagram, Youtube dan lainya.

Baca juga :

3.SEO TEKNIS

SEO teknis adalah praktik untuk memastikan bahwa situs web anda memenuhi standar teknis mesin pencari saat ini dengan maksud untuk meningkatkan peringkat organik. Perayapan (crawling), peng-indeksan (indexing), rendering, dan arsitektur situs web adalah aspek penting dari SEO teknis.

Mengapa SEO teknis diperlukan?
Situs web terbaik dalam hal kualitas konten dan desain harus juga memiliki SEO teknis terbaik juga dan akan ada dihalaman utama Google Search minimal. Selain itu, halaman web yang dioptimalkan secara teknis sepenuhnya harus aman, ramah seluler, tanpa konten duplikat, harus dimuat dengan sangat cepat, dan banyak lagi.

4. LINK TAUTAN

Apa tujuan membangun link? Pembuatan link merupakan komponen paling vital dari setiap strategi SEO yang berhasil. Hal ini memerlukan link balik dari situs web lain ke situs anda oleh karena itu seetiap web harus  mendapatkan backlink/inboundlink berkualitas untuk memperkuat ON Site SEO.

Sebagian besar pakar SEO setuju bahwa pembuatan link tautan adalah aspek yang paling menantang dari optimasi mesin pencari dan paling bermanfaat. Google menggunakan algoritma bernama Page Rank yang akan menilai kualitas backlink sebuah website dan masih menjadi faktor penilaian penting.

Baca juga:

Bagaimana cara menerima backlink berkualitas tinggi secara gratis dari situs web yang sangat otoritatif:

1. Publikasikan Konten Unggul yang Mengungguli Pesaing

Langkah pertama untuk melampaui situs peringkat teratas adalah mempelajari apa yang sudah diberi peringkat dan memperbaikinya.  Belajar dari webblog lainnya bagaimana artikel nya disajikan untuk pembaca dan pengunjung setia dan pastikan web anda user friendly(mudah digunakan navigasinya)

2. Tanamkan link anda ke Situs Web Otoritas Tinggi dan Beri Tahu mereka

Link eksternal di situs web anda menentukan bagaimana mesin pencari menilai kualitas konten anda. Google ingin menentukan kepercayaan situs web dengan menganalisis tautan balik yang anda berikan kepada pembaca untuk membantu proses peringkatnya.

Pendekatan sederhana lainnya untuk mendapatkan backlink adalah menginformasikan situs web ini tentang backlink  ke domain mereka. Ada kemungkinan mereka akan menautkan kembali dan sederhana nya dengan memberi komentar pada blog besar.

3. Kontribusi Artikel Tamu

Artikel pengunjung harus komprehensif, informatif, dan dapat dipublikasikan. Posting tamu melibatkan penulisan artikel untuk situs web lain dan menempatkan link balik ke situs web anda di konten artikel.

Baca Juga:" Cara Mendapatkan Uang Monetisasi Tiktok Untuk Pemula "

5. HASIL PENERAPAN SEO

Mengukur Dampak SEO Anda sangat penting untuk kesuksesan dan pertumbuhan web anda. Ini akan membantu  memikirkan kembali pendekatan ketika ada sesuatu yang tidak berhasil.

Memantau semuanya mulai dari peringkat dan konversi hingga link balik yang hilang. Inti web vital membantu menentukan kekuatan SEO Anda.  Melacak dan ukur keberhasilan SEO anda dari:
-Tingkat Konversi
Rasio konversi adalah jumlah konversi (untuk satu tindakan/sasaran yang dimaksudkan) dibagi dengan jumlah total kunjungan unik. Tingkat konversi berlaku untuk tindakan apa pun: pendaftaran email, pembelian, atau pembuatan akun. Mengetahui RKT (rasio klik-tayang) dan rasio konversi membantu Anda memperkirakan potensi laba atas investasi dari lalu lintas situs web Anda.
 
-Durasi Sesi Rata-rata
Berapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna di situs web Anda? Durasi sesi mengacu pada waktu di mana pengguna terlibat dalam interaksi aktif reguler dengan situs web. Ketika pengguna tidak aktif untuk waktu yang telah ditentukan. Durasi sesi memperhitungkan jumlah total waktu yang dihabiskan di situs web oleh pengguna.
 
-Kedalaman Pembacaan Artikel
Kedalaman Pembacaan Artikel mengukur seberapa jauh pengguna menggulir ke bawah halaman web tertentu. Ini membantu Anda menentukan apakah pengguna mencapai bagian paling penting dari konten Anda. Anda dapat melacak metrik ini dengan menyiapkan pemicu di google analytics. 
 
-Lalu Lintas Organik
Meskipun peringkat adalah statistik SEO yang penting, mengevaluasi kinerja organik situs Anda tidak dapat berakhir di situ. Tujuan pemeringkatan adalah untuk menarik lalu lintas organik dengan muncul di bagian atas hasil pencarian untuk kueri pengguna.
 
-Rasio Klik Tayang (RKT)
RKT mengacu pada persentase pengguna yang mengeklik laman web Anda dari hasil penelusuran. Metrik ini memberikan wawasan tentang seberapa baik judul halaman web Anda dan deskripsi meta dioptimalkan.

KESIMPULAN

Mengapa SEO penting bagi Anda?

Ketika seseorang menggunakan Google atau Bing untuk mencari informasi, mereka memiliki akses ke satu miliar situs web (dan secara eksponensial lebih banyak halaman web). Internet seperti alam semesta kita yang berkembang, dan SEO sangat penting karena situs web anda akan tanpa ranking tanpanya.

Google dan mesin pencari lainnya mungkin mengindeks situs web anda, tetapi apakah itu benar-benar ada jika audiens target anda tidak pernah melihatnya di Search Engine Halaman Utama.Optimisasi mesin pencari memastikan bahwa audiens target menemukan situs web anda saat melakukan pencarian yang relevan. 

SEO masih merupakan langkah utama untuk menghasilkan arus lalu lintas yang signifikan. Semakin banyak pengguna mengunjungi situs web anda, semakin banyak tayangan iklan yang dapat ditayangkan dan semakin tinggi pendapatan. Tidak ada kata terlambat untuk mulai mengoptimalkan situs web dan tidak ada kata terlambat untuk mulai mendapatkan penghasilan pasif dari iklan.

 


Post a Comment

Previous Post Next Post