SEO(search engine optimize) adalah proses meningkatkan peringkat secara organik pada halaman hasil mesin pencari atau upaya meng-optimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil mesin pencarian misal Google atau Bing. Dengan mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian, potensi traffic organik Anda pun meningkat.
Selain menghasilkan traffic organik yang tinggi, SEO juga akan membantu anda mendapatkan traffic yang tepat. Jadi anda tidak hanya fokus pada traffic tinggi, tetapi juga traffic yang tepat sesuai dengan tujuan utama website anda. untuk bisa mendapatkan traffic tinggi tepat sasaran, anda perlu mengikuti aturan aturan yang telah ditetapkan oleh mesin pencari. Dan memiliki atau menerapkannya pada artikel anda.
ISI ARTIKEL
Terdapat tiga fungsi utama yang dilakukan Mesin pencari:
Indexing: Setiap halaman harus didaftarkan atau diindex pada Google Search Console dan mesin pencari memproses dan menyimpan indeks- database halaman web yang dapat muncul pada hasil pencarian. Setelah halaman web Anda diindeks, halaman tersebut dapat ditampilkan di halaman hasil mesin pencari. Dan ketika pengguna mencari informasi tentang hal yang berkaitan mesin pencari menjawab itu dan dapat ditampilkan di halaman hasil mesin pencari.
Crawling: Google search atau mesin mencari menggunakan Engine Spider atau Web Crawlers untuk
menjelajahi seluruh web untuk konten. Mirip dengan bagaimana laba-laba merayapi
jaringnya untuk mencari serangga atau sisa makanan yang terperangkap. Engine Spider adalah skript atau robot, yang menemukan konten baru, diperbarui,
dan hilang.
Ranking- Google search memberi peringkat pada situs web yang didaftarkan. Hal ini didasarkan query penelusuran dan relevansi dari hasil terbaik setiap penelusuran. Search engine result page(SERP) mencantumkan situs web dalam urutan relevansi dengan Queri. Saat Anda mencari mobil listrik di google, google menelusuri indeksnya untuk halaman web yang menargetkan kata kunci mobil listrik, kemudian mengatur halaman web ini dalam urutan relevansi, berharap bahwa hasil pertama memberikan semua yang perlu Anda ketahui tentang mobil listrik.
DASAR OPTIMASI MESIN PENCARI
Strategi SEO yang baik dimulai dengan penelitian kata kunci yang tepat, kemudian Anda mulai membuat konten berharga yang memenuhi maksud pencarian pengguna dengan memberikan jawaban atas pertanyaan mereka. Tapi optimasi mesin pencari berjalan lebih jauh dan lebih dalam.
Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk menentukan konten mana yang layak menempati ranking teratas hasil pencarian. Ini berlaku untuk semua mesin pencari seperti Google, Bing, yahoo atau DuckDuckGo. dalam hal ini membahas Google yang menguasai 90 % pasar mesin pencarian online yang selalu memperbarui algoritmanya untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dan solutif untuk penggunanya.
Beberapa dasar SEO terpenting yang harus diketahui setiap pemula.
1.Kata Kunci
Kata kunci adalah kata dan frasa yang umum digunakan dalam Queri penelusuran.Penelitian
kata kunci melibatkan pencarian frasa pencarian yang relevan dengan konten web
Anda. Pertama, Anda harus memahami audiens target
Anda dan bagaimana mereka mencari produk atau layanan yang berhubungan dengan
Anda. Ide kata kunci yang dapat dituliskan berupa:
Kata kunci pencarian apa yang dituliskan oleh pesaing Anda? Berapa banyak orang yang mencarinya? Bagaimana mereka ingin menjawab- dalam tulisan, gambar, video, atau konten teks? Menjawab pertanyaan ini adalah langkah pertama dalam penelitian kata kunci.
Anda dapat melanjutkan penelitian Anda menggunakan alat kata kunci. Alat kata kunci adalah situs web dan program yang membantu Anda menemukan kata kunci (long-tail and short-tail keywords to target). Alat-alat ini juga membantu Anda melihat siapa yang mencari kata kunci Anda dan seberapa sering orang mencari selama sebulan.
Kata kunci Long-Tail Keywords adalah frasa pencarian yang sering berisi hingga empat kata. Menggunakan kata ini membantu Anda menargetkan pencari yang maksud pencariannya cocok, lebih spesifik dan disengaja dengan konten halaman web Anda.
1.Mencari informasi
2. Niat Navigasi
Pengguna ingin membuka halaman web tertentu, dan mencoba navigasi web nya seperti beranda adsterra untuk menghasilkan dolar dari traffic social media. Adsterra merupakan perusahaan periklanan sama seperti Adsense(rp). Adsterra yang menawarkan harga tinggi
Pengguna ingin membeli sesuatu atau menggunakan layanan E-comerce atau membeli layana domain, hosting, web dan menjadi publisher affiliate marketing dan menghasilkan Uang tambahan atau Penghasilan utama. Beberpa E-comerce ataupun penyedia Hosting domain yang bisa menambahkan uang saku dan membuka program Affiliate seperti BukaLapak, Involve Asia, NiagaHoster atau Envato Impact
On-page SEO atau on-site SEO adalah praktik mengoptimalkan halaman web Anda untuk memenuhi maksud pencarian dan peringkat di halaman hasil pencarian.
-Membuat konten berkualitas tinggi, bernilai, dan unik
-Mengoptimalkan judul, judul, dan sub judul Anda dengan memasukkan kata kunci Long-Tail Keywords
-Menempatkan judul dan subjudul halaman Anda di tag header (Meta Tags)
-Menggunakan beragam kata kunci dan mendapatkan kepadatan kata kunci yang direkomendasikan
-Mengoptimalkan gambar dengan menambahkan teks alternatif dan mengompresi ukurannya ke lebih rendah agar web fast open.
-Menambahkan link internal dan link eksternal yang mengarahkan pengunjung ke konten yang lebih detail dan berharga.
3.SEO TEKNIS
Mengapa SEO teknis diperlukan?
Situs web terbaik dalam hal kualitas konten dan desain harus juga memiliki SEO teknis terbaik juga dan akan ada dihalaman utama Google Search minimal. Selain itu, halaman web yang dioptimalkan secara
teknis sepenuhnya harus aman, ramah seluler, tanpa konten duplikat, harus
dimuat dengan sangat cepat, dan banyak lagi.
4. LINK TAUTAN
Apa tujuan membangun link? Pembuatan link merupakan komponen paling vital dari setiap strategi SEO yang berhasil. Hal ini memerlukan link balik dari situs web lain ke situs anda oleh karena itu seetiap web harus mendapatkan backlink/inboundlink berkualitas untuk memperkuat ON Site SEO.
Sebagian besar pakar SEO setuju bahwa pembuatan link tautan adalah aspek yang paling menantang dari optimasi mesin pencari dan paling bermanfaat. Google menggunakan algoritma bernama Page Rank yang akan menilai kualitas backlink sebuah website dan masih menjadi faktor penilaian penting.
Baca juga:
Bagaimana cara menerima backlink berkualitas tinggi secara gratis dari situs web yang sangat otoritatif:
1.
Publikasikan Konten Unggul yang Mengungguli Pesaing
Langkah
pertama untuk melampaui situs peringkat teratas adalah mempelajari apa yang
sudah diberi peringkat dan memperbaikinya. Belajar dari webblog lainnya bagaimana artikel nya disajikan untuk pembaca dan pengunjung setia dan pastikan web anda user friendly(mudah digunakan navigasinya)
2. Tanamkan link anda ke Situs Web Otoritas Tinggi dan Beri Tahu mereka
Link eksternal di situs web anda menentukan bagaimana mesin pencari menilai kualitas
konten anda. Google ingin menentukan kepercayaan situs web dengan menganalisis tautan balik yang anda berikan kepada pembaca untuk membantu
proses peringkatnya.
Pendekatan
sederhana lainnya untuk mendapatkan backlink adalah menginformasikan situs web
ini tentang backlink ke domain mereka. Ada kemungkinan mereka akan
menautkan kembali dan sederhana nya dengan memberi komentar pada blog besar.
3. Kontribusi Artikel Tamu
Artikel pengunjung harus komprehensif, informatif, dan dapat dipublikasikan. Posting tamu melibatkan penulisan artikel untuk situs web lain dan menempatkan link balik ke situs web anda di konten artikel.
Baca Juga:" Cara Mendapatkan Uang Monetisasi Tiktok Untuk Pemula "
5.
HASIL PENERAPAN SEO
Mengukur
Dampak SEO Anda sangat penting untuk kesuksesan dan pertumbuhan web anda. Ini akan
membantu memikirkan kembali pendekatan ketika ada sesuatu yang tidak
berhasil.
-Tingkat Konversi
Rasio konversi adalah jumlah konversi (untuk satu tindakan/sasaran yang dimaksudkan) dibagi dengan jumlah total kunjungan unik. Tingkat konversi berlaku untuk tindakan apa pun: pendaftaran email, pembelian, atau pembuatan akun. Mengetahui RKT (rasio klik-tayang) dan rasio konversi membantu Anda memperkirakan potensi laba atas investasi dari lalu lintas situs web Anda.
-Durasi Sesi Rata-rata
Berapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna di situs web Anda? Durasi sesi mengacu pada waktu di mana pengguna terlibat dalam interaksi aktif reguler dengan situs web. Ketika pengguna tidak aktif untuk waktu yang telah ditentukan. Durasi sesi memperhitungkan jumlah total waktu yang dihabiskan di situs web oleh pengguna.
-Kedalaman Pembacaan Artikel
Kedalaman Pembacaan Artikel mengukur seberapa jauh pengguna menggulir ke bawah halaman web tertentu. Ini membantu Anda menentukan apakah pengguna mencapai bagian paling penting dari konten Anda. Anda dapat melacak metrik ini dengan menyiapkan pemicu di google analytics.
-Lalu Lintas Organik
Meskipun peringkat adalah statistik SEO yang penting, mengevaluasi kinerja organik situs Anda tidak dapat berakhir di situ. Tujuan pemeringkatan adalah untuk menarik lalu lintas organik dengan muncul di bagian atas hasil pencarian untuk kueri pengguna.
-Rasio Klik Tayang (RKT)
RKT mengacu pada persentase pengguna yang mengeklik laman web Anda dari hasil penelusuran. Metrik ini memberikan wawasan tentang seberapa baik judul halaman web Anda dan deskripsi meta dioptimalkan.
KESIMPULAN
Mengapa SEO penting bagi Anda?
SEO masih merupakan langkah utama untuk menghasilkan arus lalu lintas yang signifikan. Semakin banyak pengguna mengunjungi situs web anda, semakin banyak tayangan iklan yang dapat ditayangkan dan semakin tinggi pendapatan. Tidak ada kata terlambat untuk mulai mengoptimalkan situs web dan tidak ada kata terlambat untuk mulai mendapatkan penghasilan pasif dari iklan.