Awal,
Audit akan mengarahkan web blog ke lebih banyak lalu lintas organik, pendapatan, prospek, dan pengunjung. Skor SEO situs anda dapat dilihat dengan alat pemeriksa SEO: CHECKER SEO. Pada artikel ini dituliskan panduan untuk audit SEO dan langkah manual yang dilakukan:
Faktor
Yang Harus Diperiksa dalam Audit SEO
Peningkatan pada audit SEO tidak terbatas pada kata kunci, aspek teknis, tetapi banyak lagi karena terdapat beberapa faktor kompleks dan memerlukan strategi, kontribusi untuk membuat perubahan dan hasil teratas untuk kata kunci anda pada Google search.
ISI ARTIKEL- Awal,
- Faktor Yang Harus Diperiksa dalam Audit SEO
- ISI ARTIKEL SAYA (navigasi)
- 1.Judul Halaman
- 2.Mobile Friendly
- 3.Kecepatan situs/web
- 4.Periksa SEO Teknis
- 5.Meta Deskripsi
- 6.Meningkatkan Pengalaman Pengguna (UX)
- 7.Pengaturan DNS
- 8.Lakukan Audit Konten lengkap
- 9.Strategi Konten
- 10.Riset Kata Kunci
- 11.Struktur Situs Web
- 12.Gunakan URL HTTPS
- 13.Validasi HTML
- Kesimpulan $ Saran
Faktor lain meliputi:
1.
Judul Halaman
Cek SEO judul anda di Screaming Frog
2.
Mobile Friendly
Mobile friendly berarti situs anda responsif terhadap perangkat seluler (tampilan seluler) tidak sulit navigasi digunakan, mudah dimengerti, tidak ribet, mudah dimengerti alurnya dan user/pengguna enjoy untuk navigasi setiap artikel yang ingin dibaca yang akan menaikkan peringkatnya di SERP seluler.
Cek web anda mobile friendly atau tidak di Mobile-Friedly Test.
Memiliki desain yang responsif seluler sangat penting dan ini dimiliki setiap situs web teratas di Googe Search halaman utama. Jadikan langkah pertama dan paling penting adalah memilih tema atau template yang responsif seluler, membaca ulasan dan melihat demo di ponsel dan mengetahui cara kerjanya. Berapa penyedia template mobile friendly seperti https://www.templatesyard.com/ https://sugeng.id/
3. Kecepatan situs/web
Jika situs web anda berawal dengan kecepatan lambat pengunjung tidak akan sabar dan pindah ke situs lainnya. Pingdom’s Website Speed Test adalah alat yang sangat baik untuk menentukan kecepatan situs Anda.
Alat ini memberikan nilai untuk kinerja situs serta statistik waktu.Untuk mencegah pengunjung meninggalkan situs anda, pastikan situs dimuat secepat mungkin. Tes Kecepatan Situs di Web Pingdnom adalah alat yang sangat baik untuk menentukan kecepatan situs dan alat ini memberikan nilai untuk kinerja situs serta statistik waktu muat.
Wawasan PageSpeed Google juga membantu dalam menganalisis kecepatan seluler situs Anda, yang biasanya berbeda dari kecepatan penelusuran web biasa.
- Gunakan AMP (Accelerated Mobile Pages) pada WordPress. AMP adalah kerangka kerja yang didukung Google untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk memuat halaman web seluler.
- Kualitas gambar dan CSS. Bagian halaman web yang paling banyak memakan ruang, seperti gambar beresolusi tinggi dan CSS, dan bagian yang paling lama dimuat. Lakukan kompresi ukuran file gambar tanpa mengurangi kualitasnya.
- Paket hosting web. Miliki situs hosting penyedia dapat dipercaya. Gunakan NiagaHoster atau Icloud dalam hal ini untuk meningkatkan kinerja situs anda yang memenuhi kebutuhan anda dalam hal hosting, domain web dan lainnya.
- Video, unggah video ke situs pihak ketiga, lalu sematkan sendiri seperti di Wistia atau YouTube.
4. Periksa SEO Teknis
Alat SEO ini adalah semua yang butuhkan untuk pemeriksaan situs web yang cepat. Anda dapat menjalankan banyak tes bermanfaat dengan versi gratis.
5.
Meta Deskripsi
Atau:
- Konten teks ideal berupa paragraf singkat "mengiklankan" konten ke pencari, konten relevan dan berisi informasi yang mereka cari. Untuk iklan ideal yang berpenghasilan dollar mendaftar jadi publisher Adsterra adalah solusi nya di era korona,anda wajib daftar dan meraih dollar nya dan banyak kelebihan yang anda dapatkan.
- Sertakan kata kunci target halaman (dengan cara alami, non-spam) terkait langsung dengan halaman yang dijelaskannya dan harus berbeda dari deskripsi meta lainnya.
- Hindari tanda petik ganda karena saat tanda kutip muncul di HTML deskripsi meta, Google memotongnya di tanda kutip saat menampilkan halaman Anda di SERP-nya.
6.
Meningkatkan Pengalaman Pengguna (UX)
Google
menggunakan berbagai sinyal pengguna dari pengguna sebagai titik referensi
penting saat menentukan kualitas atau relevansi situs web dalam menanggapi
permintaan pencarian berdasarkan interaksi positif (dan negatif) mereka dengan
situs.
Pengalaman Pengguna (UX/user experience) yaitu waktu yang dihabiskan di situs web, persentase pengunjung situs web, jumlah klik tayang (RKT) yang mempengaruhi CTR anda.
7.
Pengaturan DNS
Setiap perangkat yang terhubung ke internet memiliki alamat IP unik yang digunakan oleh komputer lain untuk menemukannya. Server DNS menghilangkan kebutuhan manusia untuk mengingat alamat IP seperti 192.168.1.1 (dalam IPv4) atau alamat IP alfanumerik baru yang lebih kompleks seperti 2400: cb00:2048:1:c629: d7a2 (dalam IPv6).
Saat memeriksa pengaturan DNS, pastikan bot tidak mengalami kesalahan saat crawl situs anda. Menggunakan Google Search Console adalah cara paling sederhana untuk melakukan ini. Anda tidak akan kehilangan apa pun dengan menghubungkan situs web ke konsol pencarian Google karena sepenuhnya gratis.
Anda juga dapat menggunakan Pingdom untuk menjalankan tes DNS gratis.
8.
Lakukan Audit Konten lengkap
Strategi yang disarankan:
1. Tentukan halaman mana yang berkualitas rendah dan menerima sedikit atau tidak ada lalu lintas pencarian organik.
2. Jika dapat menulis ulang konten dan meningkatkannya secara umum, diperbaharui lalu diterbitkan ulang;
3. Jika tidak, hapus dan arahkan kembali URL (301) ke halaman konten yang lebih sesuai.Tetapi, tindakan pertama adalah mengoptimalkan konten dan publish.
9.
Strategi Konten
Konten yang baik adalah memiliki dasar dari setiap strategi SEO yang baik, Anda juga harus memasukkan strategi SEO konten yaitu Setiap pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh pencari kepada Google harus dijawab oleh konten Anda.
10.
Riset Kata Kunci
Untuk
melihat kata kunci terkait yang dapat digunakan gratis untuk riset kata kunci
yaitu Google planner. Anda dapat menggunakan alat ini untuk menentukan volume
pencarian, biaya CPC, persaingan PPC, dan kesulitan kata kunci untuk setiap
saran.
Setelah menemukan kata kunci terkait atau untuk mengerti hal ini situs Google Planner akan menjelaskan mana yang akan digunakan dalam konten anda, apaka harus mengubah struktur situs web Anda.
11.
Struktur Situs Web
Tambahkan
peta situs yang menjelaskan struktur situs di konsol pencarian Google.
Pertimbangkan situs web anda sebagai piramida. Halaman lain yang menargetkan
kata kunci tertentu harus mendukung artikel utama anda. Adsterra memiliki contoh situs web yang terstruktur semua halamn artikel berhu
Pengguna akan menjadi tidak puas jika struktur situs anda membingungkan. Google juga akan melakukannya ketika anda melakukan indexing. Pastikan menu mencakup semua halaman utama situs harus menambahkannya ke menu footer dan beranda.
12.
Gunakan URL HTTPS
Google
(dan setiap mesin pencari lainnya) lebih memilih situs web yang aman. Anda
harus memastikan bahwa situs web Anda aman untuk meningkatkan SEO.
Menggunakan URL HTTPS:// daripada URL HTTP:// adalah langkah pertama untuk keamanan situs web.
13.
Validasi HTML
Melakukan
pemeriksaan validasi HTML dengan mengunjunjungi World Wide Web Consortium. Pemeriksaan
ini gratis dan memastikan bahwa semua kode HTML situs web Anda benar. Untuk
memeriksa kesalahan, masukkan alamat web Anda. Setelah itu, alat akan
menghasilkan laporan. Untuk membuat perubahan pada halaman Anda.
Kesimpulan$ Saran
Anda harus mulai dengan:
- Meningkatkan SEO teknis
- Melakukan pemeriksaan Panda dan Penguin
-Tingkatkan judul halaman, deskripsi meta,
- Jalankan perayapan (crawl) situs lengkap dan periksa setiap halaman di situs.
- Periksa pengaturan DNS Anda
- Optimalkan halaman untuk penggunaan seluler,
- Buat strategi SEO konten yang kuat
- Perbaiki struktur situs web Anda dengan mengaturnya secara hierarkis.